Tips Perawatan Anjing Melalui Pemberian Makanan - Caleb Pet Groomer

Tips perawatan anjing

Sobat Caleb, perawatan anjing bisa dibilang gampang-gampang susah. Anjing adalah hewan peliharaan yang setia dan tangkas sehingga banyak disukai oleh manusia. Dari berbagai jenis hewan peliharaan, anjing adalah jenis hewan yang paling memiliki ikatan batin dengan pemiliknya sehingga kerap dianggap sebagai anggota keluarga dibandingkan dengan hanya sebagai hewan peliharaan.

Sebagai anggota keluarga, anjing juga patut diberi makanan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisinya. Bukan hanya kandungan nutrisi, Sobat Caleb juga harus memperhatikan rasa makanan anjing yang diberikan agar si anjing menyukainya dan mau makan dengan lahap. Berikut Caleb berikan beberapa tips perawatan anjing melalui makanannya:

1. Beri Makanan Berkualitas

Berbagai macam makanan anjing sudah sangat banyak ditawarkan di pasaran. Pilihlah makanan berkualitas tinggi yang sesuai dengan kebutuhan anjingmu. Walau agak sedikit mahal, kamu harus tau bahwa makanan yang berkualitas rendah bisa jadi terlalu banyak mengandung bahan yang tidak diperlukan sehingga dapat membahayakan organ cerna hewan kesayanganmu. Makanan untuk anjing tersebut memiliki 2 bentuk yaitu:

  • Dry food.
  • Wet food.

Untuk wet food, bentuknya menyerupai agar-agar yang lebih padat dengan bahan isian daging serta campuran lainnya untuk memberi asupan nutrisi seimbang dan sempurna. sedangkan bentuk dry food berbentuk biskuit kecil menyerupai makanan kucing.

Dari kedua jenis makanan tersebut, makanan dry food lebih dianjurkan karena untuk wet food bisa mengakibatkan caries pada gigi. Wet food lebih sering menempel pada gigi kemudian menumpuk hingga dalam waktu lama. Jika gigi anjing tidak rajin dibersihkan, akan mengakibatkan gigi infeksi dan nafas yang bau.

Wet food sebenarnya bisa digunakan untuk meningkatkan selera makan si anjing apalagi untuk anjing yang sedang dalam masa penyembuhan. Namun sebaiknya Sobat Caleb juga rajin membersihkan gigi anjing jika ia menggunakan makanan wet food.

Untuk cara pemberian makanan antara wet food dan dry food adalah dengan memberi per porsi dalam satu kali jadwal makan. Untuk wet food, sudah ada kemasan sekali buka untuk anjing langsung menghabiskannya. Namun untuk dry food, Sobat Caleb yang harus menakarnya sendiri sesuai dengan berat badan anjing kamu.

Umumnya makanan untuk anjing tidak membedakan ras anjing tertentu, namun Sobat Caleb bisa memberi makanan khusus untuk anjing usia muda, anjing yang sedang menyusui, atau anjing yang memiliki masalah pencernaan atau sudah tua. Jika kamu ingin mengganti makanan untuk anjing dari merk lama ke merk baru, sebaiknya Sobat Caleb melakukannya secara bertahap dengan cara mencampur kedua merk tersebut dengan porsi makanan lama lebih banyak dibandingkan makanan baru.

2. Beri Makanan Sesuai dengan Ukuran dan Keaktifan

Jangan samakan makanan anak anjing dengan anjing dewasa atau jangan samakan makanan antara jenis anjing kecil dan anjing besar. Berbeda usia dan ukurannya, berbeda juga kebutuhan nutrisinya. Kalau Sobat Caleb masih bingung mencari makanan yang sesuai, berikut Caleb berikan tips memberikan takaran makanan dry food sesuai dengan ukuran dari anjing dan keaktifannya:

Sumber: Jakarta Dog Lovers

Dari gambar diatas, apabila anjing Sobat Caleb memiliki berat 15kg, dan jarang beraktifitas, maka kurang lebih makanan yang diberikan adalah 1 cup – 1.3 cup dalam sehari. 1 cup sampai 1.3 cup tersebut dapat diberikan secara sebagian-sebagian dalam 1 hari atau sekaligus, Sobat Caleb bisa melihat jadwal kegiatan kamu dan memutuskan untuk memberi makan berapa kali dalam sehari. Jika Sobat Caleb memilih untuk memberikan 3 kali dalam sehari, artinya 1 cup tersebut dibagi menjadi 1/3 cup untuk sekali makan.

Baca juga: 3 Tips Memilih Shampoo untuk Perawatan Hewan Anda

3. Hindari Makan yang Terlalu Cepat

Jika anjingmu makan dengan ritme yang terlalu cepat, kamu harus bisa mencegahnya. Makan yang terlalu cepat bisa membuat sistem pencernaanya terganggu. Kamu bisa menggunakan dog bowl dengan bagian tengahnya sama tinggi dengan pinggiran tempat makan atau menaruh bola tenis di tengahnya untuk mencegah makan yang terlalu cepat.

4. Beri Makan Secara Konsisten

Sobat Caleb, mungkin banyak yang merasa kasihan ketika memberi makan yang terlalu sedikit pada anjing. Idealnya, berikan mereka makanan 1 sampai 2 kali sehari. Untuk porsi makannya kamu bisa baca takaran yang tertera pada kemasan makanan anjingmu.

Memberi makan anjing kesayangan memang hal mudah, tapi jangan menggampangkan hal tersebut karena bisa berakibat buruk bagi hewan kesayanganmu. Kalau kamu belum biasa melakukan 4 hal tersebut, yuk mulai dibiasakan demi kebaikan mereka. Segitu dulu ya info dari Caleb, semoga berguna buat Sobat Caleb ya.




1 Comment

5 Film Tentang Anjing, Nomor 3 Bikin Baper - Caleb Pet Groomer · 24/04/2020 at 7:21 PM

[…] Baca juga: Tips memberi makan anjing […]

10 Makanan Berbahaya Untuk Anjing Anda - Caleb Pet Groomer · 01/05/2020 at 2:51 PM

[…] Baca juga: Tips Perawatan Anjing Melalui Pemberian Makanan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *