Tips Memilih Mainan Untuk Anjing Anda - Caleb Pet Groomer

Tips Memilih Mainan Untuk Anjing

Halo Sobat Caleb, kali ini Caleb dari Caleb Pet Groomer mau membahas tentang tips cara memilih mainan untuk anjing sobat Caleb. Biasanya mainan apakah yang Sobat Caleb beli untuk anjing kamu? Ada banyak mainan dengan berbagai bentuk yang dapat membuat anjing Sobat Caleb menjadi semakin sehat, pintar, dan disiplin. Bila Sobat Caleb baru pertama kali memelihara anjing, mungkin Anda bingung harus memilih mainan yang mana, bukan? Simak tips dari Caleb berikut ini:

1. Pilih Berdasar Cara Penggunaannya

Mainan untuk anjing secara umum terdiri dari 4 tipe, yaitu mainan tipe gigit, tipe tarik, tipe lempar, dan mainan yang dapat menampung makanan. Caleb akan jelaskan kelebihan masing-masing jenis serta cara menggunakan tiap tipe mainan tersebut. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Sobat Caleb, ya!

A. Mainan Tipe Gigit

Mainan_untuk_anjing
sumber: pexels.com

Secara insting, anjing yang masih kecil suka menggigit barang. Apalagi saat masa pertumbuhan gigi, keinginan menggigitnya semakin tinggi. Dengan menggunakan mainan untuk digigit, anjing Sobat Caleb akan ingat bahwa barang yang boleh digigit terbatas pada mainannya saja. Selain itu, anjing kamu juga bisa diingatkan untuk tidak menggigit manusia. Dengan mengigit mainan, anjing Sobat Caleb dapat melatih kemampuan mengigitnya sekaligus membersihkan kotoran pada giginya. Ada juga mainan yang dibuat khusus untuk kesehatan gigi. Karena itu, bila Sobat Caleb ingin anjing kamu memiliki gigi yang kuat dan bersih, kamu dapat mempertimbangkan mainan seperti ini. Secara umum, mainan ini terbuat dari nilon atau karet. Bahannya harus sangat lembut untuk digigit agar tidak beresiko menghancurkan gigi, namun harus cukup tahan lama agar tidak mudah rusak atau pecah menjadi kepingan kecil. Saat membeli mainan tipe ini, hindari memilih ukuran terlalu kecil untuk mencegah mainan tersebut tertelan secara tidak sengaja oleh anjing Sobat Caleb. Semua harus disesuaikan dengan kondisi anjing kita ya Sobat Caleb.

B. Mainan Tipe Tarik

Mainan_untuk_anjing

Banyak anjing yang suka dengan permainan tarik menarik seperti ini. Mainan tipe ini berfungsi untuk merangsang insting anjing Anda dalam mengejar, menggigit, dan menaklukkan mangsanya. Mainan tipe ini akan menguras banyak energi anjing Sobat Caleb. Bila kamu tidak bisa mengajak anjing kamu bermain di area outdoor, Sobat Caleb dapat menggunakan mainan ini untuk bermain di dalam rumah dan menyalurkan energinya. Mainan tipe tarik yang terbuat dari tali adalah pilihan bagus. Bahan ini mudah digigit oleh anjing dan cukup kuat untuk kamu tarik bersama anjing kamu. Namun, ketika anjing Sobat Caleb menjadi terlalu bersemangat dan menarik mainan ini terlalu keras, kamu harus menghentikan permainan. Hal tersebut berguna untuk mengajari anjing Sobat Caleb bahwa kamulah yang mengatur ritme permainan, bukan justru Sobat Caleb yang mengikuti keinginan anjing kamu dalam bermain. Selain itu, yang penting untuk diingat ketika bermain dengan mainan jenis ini adalah pastikan anjing kamu tidak merobek mainannya. Mainan tipe tarik umumnya adalah plush dan terbuat dari linen, kulit, fire hose atau rope, sehingga sangat penting untuk langsung menggantinya jika melihat kerusakan pada mainan itu karena beresiko untuk menyebabkan penyakit gastrointestinal bila tertelan. Oleh karena itu, kita harus mengawasi anjing Sobat Caleb ketika bermain dengan jenis mainan ini.

Baca juga: 10 Makanan Berbahaya Untuk Anjing Anda

C. Mainan Tipe Lempar

Mainan Untuk Anjing

Mainan tipe lempar sangat pas untuk Sobat Caleb gunakan bersama anjing kalian. Cara memainkannya cukup mudah, kamu cukup melempar frisbee atau bola, kemudian anjing kamu akan mengambil dan memberikannya kembali pada kamu. Ada berbagai macam jenis bola: bola karet, plush balls, bola tennis, foam balls, squeaker balls, dan lain lain. Tiap bola akan melambung dengan berbagai cara. Karena itu, bila membeli tipe ini Sobat Caleb harus memilih mainan yang ukurannya pas dengan mulut anjing kalian. Tipe mainan ini juga berguna untuk melatih kemampuan anjing kalian dalam mengejar mangsanya. Namun, agar anjing kalian terbiasa dalam memainkan mainan ini, Sobat Caleb harus melatihnya terlebih dahulu. Mula-mula, kamu dapat melempar dalam jarak pendek kemudian memberikan snack sebagai hadiah sambil memuji anjing Sobat Caleb. Setelah itu, kamu dapat meningkatkan jarak lemparnya secara bertahap. Permainan lempar tangkap ini dapat meningkatkan bonding antara pemilik dan hewan peliharaannya.

D. Mainan Yang Dapat Menampung Makanan

Mainan untuk anjing

Sesuai namanya, mainan tipe ini dapat dimasukkan snack atau makanan anjing ke bagian dalamnya. Mainan ini disebut juga sebagai mainan edukasi karena mainan ini akan membuat anjing Sobat Caleb semakin pintar. Mainan ini menawarkan kesenangan, stimulus mental, dan sebagai salah satu cara untuk anjing menyalurkan energi mereka. Mainan ini biasa terbuat dari plastik atau karet dengan berbagai macam bentuk yang tersedia. Mereka harus memikirkan cara mengambil snack di dalam mainan tersebut. Ketika memainkan permainan ini, anjing kamu akan merasa sangat excited dan sibuk memainkannya sendirian sehingga cocok Sobat Caleb gunakan saat ingin bersantai di rumah. Selain itu, mainan ini juga membantu kamu untuk mengontrol porsi makan anjing kamu. Pilihlah model mainan yang sesuai dengan determinasi anjing kamu. Sobat Caleb tidak boleh memberikan mainan yang terlalu mudah atau terlalu sulit. Cara terbaik adalah membeli mainan yang sederhana untuk permulaan, kemudian pelan-pelan kamu naikkan tingkat kesulitannya.

2. Pilih Mainan Sesuai Ukuran Tubuh Anjing

Mainan untuk anjing

Seperti apa jenis dan bentuk tubuh anjing Sobat Caleb? Terdapat berbagai perbedaan antara setiap anjing, mulai dari bentuk dan ukuran tubuh yang kecil sampai besar, serta umur anjing yang muda hingga tua. Sama seperti manusia, anjing memiliki bentuk tubuh dan gigi yang berbeda sesuai dengan umur dan jenisnya. Anjing Yorkshire Terrier tidak akan sama dengan anjing German Shephered. Bila ukuran mainannya tidak pas, mulut atau gigi anjing kalian akan terluka. Karena itu, pilihlah mainan dengan ukuran dan tingkat kekerasan yang sesuai dengan umur dan bentuk tubuh anjing Sobat Caleb. Jika mainannya terlalu lembut dan mudah pecah menjadi beberapa bagian, maka akan mudah tertelan oleh anjing sehingga bisa menyebabkan gangguan gastrointestinal pada anjing. Banyak mainan yang ukuran dan kekerasannya sudah disesuaikan dengan ukuran tubuh dan umur anjing tertentu. Jadi, periksalah terlebih dahulu keterangan mainan tersebut sebelum membelinya agar dana yang kamu keluarkan tidak terbuang sia-sia. Selain itu, jika kamu melihat tanda-tanda kerusakan pada mainan anjing mu, sebaiknya segera diganti yang baru untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

3. Pilih Mainan Sesuai Umur Anjing

Memilih mainan sesuai dengan umur anjing juga tidak kalah pentingnya. Seekor anjing berumur 3 minggu memiliki gigi yang masih kecil, sehingga mainan dengan karet yang lembut atau plush sangat cocok untuk mereka. Untuk anak anjing berusia 3-9 bulan, merupakan fase dimana anak anjing sedang tumbuh gigi, oleh karena itu sebaiknya dihindari penggunaan mainan yang menggunakan karet yang keras. Pada umur seperti itu, mereka akan mengunyah segalanya, sehingga pemberian mainan yang bisa dikunyah sangat cocok untuk diberikan kepada mereka.

Ketika sudah melewati fase tumbuh gigi, anjing Sobat Caleb akan memiliki rahang yang cukup kuat dan energi yang cukup besar untuk diberikan mainan dengan karet yang agak keras, atau bola, atau rope pulls. Pada anjing umur 7 tahun atau lebih, anjing kamu sudah tidak memiliki rahang dan gigi yang sekuat pada saat umur mudanya. Oleh karena itu, penting untuk diberikan mainan yang lembut untuk dikunyah atau diberikan mainan yang dapat melatih mereka untuk tetap aktif. Untungnya, banyak sekali pilihan mainan yang dibuat untuk anjing dengan usia tertentu sehingga kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan anjing kalian.

4. Pilih Mainan Yang Tidak Mudah Rusak

Mainan untuk anjing

Agar anjing Sobat Caleb dapat bermain dengan maksimal, pilihlah mainan yang tidak mudah rusak. Bila mainan yang kamu beli mudah rusak, anjing kamu tidak dapat memainkannya untuk jangka panjang. Selain itu, mainan yang mudah rusak juga bisa membahayakan anjing bila sampai bagiannya yang lepas tertelan. Pilihlah mainan berbahan kuat dan tidak mudah rusak. Sobat Caleb dapat memilih mainan yang terbuat dari kayu, plastik, karet, dan sebagainya yang tentunya tidak mudah rusak. Mainan berbentuk plush toys sebenarnya cukup populer karena imut dan lucu. Namun, mainan seperti ini mudah dirusak oleh anjing yang memiliki gigitan kuat. Bila anjing kamu masih kecil, bisa saja membelikan plush toys karena gigitannya belum terlalu kuat. Akan tetapi, bila Sobat Caleb ingin mainan yang bisa dimainkan dalam waktu lama, plush toys bukanlah pilihan tepat.

Nah itu tadi merupakan tips untuk memilih mainan anjing versi Caleb. Semoga dengan artikel ini kalian bisa memilih mainan yang tepat untuk anjing kalian ya.

Sumber: Mybest.id , Hillspet.com


1 Comment

6 Barang Wajib untuk Anjing Peliharaan Barumu - Caleb Pet Groomer · 08/05/2020 at 11:01 PM

[…] Untuk mencegah anjing merusak barang-barang milikmu, ada baiknya kamu membeli mainan khusus untuk anjing. Ada banyak sekali bentuk dan fungsi dari mainan anjing, seperti bola dan frisbee untuk main fetch (lempar tangkap), tali dan boneka untuk digigit-gigit. Ini dia beberapa tips untuk memilih mainan yang tepat untukmu anjing peliharaanmu. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *