Fakta Covid-19 atau virus Corona dengan merawat hewan kesayanganmu! - Caleb Pet Groomer

Wabah virus Covid-19 atau Corona sudah menginfeksi banyak orang diseluruh dunia dengan kematian yang tidak sedikit menurut data WHO. Banyaknya manusia yang terserang memunculkan kekhawatiran fauna kesayangan yang bersangkutan ikut terserang virus yang sama.

Ada keterangan muncul bahwa seekor anjing jenis pomerian yang dinyatakan positif Covid-19 atau Corona usai ditulari pemiliknya dari Hong Kong, Chow Hau Yee. 

Faktanya

Menurut halaman ABC news, anjing Pomeranian tersebut dinyatakan positif Covid-19 atau Corona tapi dengan status cenderung lemah. Departemen Pertanian, Perikanan, dan Konservasi Hongkong menambahkan bahwa anjing tersebut tidak menandakan gejala yg relevan.

“Belum ada bukti pasti bahwa binatang peliharaan itu terinfeksi Covid-19 atau dapat menjadi sumber infeksi pada manusia,” menurut  pernyataan resmi pemerintah setempat.

Selanjutnya berdasarkan halaman WHO, disebutkan hingga sekarang belum terdapat insiden hewan peliharaan seperti kucing & anjing yang bisa terinfeksi Covid-19 atau Corona. Namun, WHO menyarankan agar selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah melakukan kontak dengan hewan kesayangan.

Langkah cuci tangan pula akan melindungi berdasarkan aneka macam jenis bakteri. Diantaranya E.Coli & Salmonella yang bisa melewati hewan kesayangan & manusia.

Dokter fauna Koesharyono juga menyebutkan virus Corona pada kucing dan anjing tidak termasuk pada grup Zoonosis. WHO mengungkapkan Zoonosis adalah penyakit-penyakit yg ditularkan menurut fauna ke manusia melalui makanan, air, & lingkungan.

“Yang tidak pernah saya lupakan, virus corona pada kucing dan anjing tidak termasuk grup Zoonosis. Jadi tidak menginfeksi ke manusia.”

Tidak ada salahnya untuk selalu merawat hewan kesayanganmu agar selalu terhindar dari segala virus dan bakteri yang ada disekitar kita. Sehingga aktivitas sehari-hari bersama hewan kesayangan tidak terganggu, apalagi dengan kebijakan pemerintah yang memaksa kita untuk bekerja/belajar dari rumah selama 14hari kedepan.

Jadi quality-time kamu sama hewan kesayangan makin seru deh disela-sela aktivitas bekerja/belajar dari rumah!


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *