5 Alasan Pemilik Hewan Peliharaan Perlu "Microchip" - Caleb Pet Groomer
caleb pet groomer jakarta anjing kucing
Sumber: Kompas.com

Halo Sobat Caleb! Tiap daerah punya cara masing-masing mendeteksi hewan liar berkeliaran di kawasannya. Ada yang memakai cara manual dari laporan masyarakat atau dengan melihat tingginya angka penyakit yang bersumber dari hewan tersebut bisa anjing atau kucing tertentu.
Umumnya, hewan liar yang tidak mendapat perawatan secara optimal, cenderung memiliki masalah kesehatan terhadap berbagai penyakit. Apalagi jika kawasan tersebut muncul penyakit yang disebabkan hewan, seperti rabies, infeksi Bartonelia, Giardia, dan penyakit lainnya

Berbeda dengan hewan peliharaan dirawat di rumah, sebagian besar pemilik hewan yang peduli dengan kesehatan cenderung memberi perlindungan untuk hewan peliharaan dan juga anggota keluarga.Kucing atau anjing yang dirawat membutuhkan komitmen pemiliknya yang tak sekedar memberi makanan berkualitas semata. Baik Secara tak langsung, banyak manfaat yang akan diperoleh seseorang yang merawat hewan, seperti jalinan emosi yang positif, disiplin dan belajar bersosialisasi dengan makhluk lain yang ada diluar rumah.

Bagi milik sudah lama merawat kucing dan anjing, sebagian besar sudah menganggap mereka seperti keluarga. Ketika mereka sakit dibawa ke dokter hewan untuk penyembuhan atau saat hilang berusaha menemukan mereka kembali.Ikatan emosi merawat hewan peliharaan inilah membuat pemiliknya menjaga mereka dan sering menggunakan teknologi microchip sebagai identitas hewan.


Microchip dan Hewan Peliharaan
Pemilik atau penyayang hewan peliharaan mungkin sebagian masih ada yang bimbang dengan microchip. Setelah membaca tulisan ini, sedikit banyak bisa memberi informasi yang mungkin menjawab keraguan Anda.

Microchip adalah alat kecil yang punya identitas seperti KTP untuk manusia. Umumnya pemasangan microchip dilakukan dokter hewan atau lembaga berwenang sebagai informasi dasar tentang hewan bersangkutan.
Kucing dan anjing Anda ketika hilang (kabur) dari rumah dan ditemukan di jalan akan dibawa ke rumah penampung atau rumah sakit hewan. Mereka akan dipindai untuk melihat informasi kemungkinan identitas pemiliknya, sehingga memudahkan ditemukan mereka kembali.

Pentingnya pemberian microchip untuk hewan peliharaan selain mengidentifikasi hewan yang ditampung, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang microchip.

Sumber: Sipbuletin.com
  1. Peluang pemiliknya untuk menemukan hewan yang hilang lebih besar. Meski demikian, bukan jaminan pasti ditemukan setelah dipasang identitas tersebut.
Pemprov DKI Jakarta Rilis KTP Khusus Anjing
Sumber: Merdeka.com

2. Proses pemasangan microchip sendiri ke hewan tidak lama, diperkirakan kurang dari 5 menit. Jika Anda khawatir pemasangan identitas menyebabkan rasa sakit pada hewan, konsultasikan dengan dokter hewan untuk pembiusan, saat siuman mereka tidak merasakan sakit apapun.

Sumber: detik.com

3. Harganya terjangkau. Ada anggapan biaya pemasangan microchip terkesan mahal, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Biaya pemasangan microchip kurang dari 500 ribuan. Bahkan pada periode tertentu, dinas terkait sering memberi layanan gratis pada hewan sebagai sosialisasi penerapan microchip atau potongan harga untuk promo.

Ditanam Microchip di Leher, Anjing Ini Punya Kartu Identitas dan ...
Sumber: Tribunnews.com

4. Pemasangan microchip tak hanya berguna untuk hewan peliharaan ketika kabur dari rumah. Saat kucing atau anjing Anda dicuri, bisa dijadikan bukti kepemilikan.

Microchip Harus Bayar, JAAN T: Kalau Nggak Mau Jangan Punya Anjing
Sumber: www.jawapos.com

5. Tanda pemilik menyayangi mereka. Pemberian identitas untuk hewan bisa dikatakan bentuk sayang pemiliknya kepada hewan peliharaan.

Kegunaan pemasangan microchip untuk hewan peliharaan tidak berdampak buruk untuk kesehatan mereka. Meski tidak memberi tambahan umur hewan menjadi lebih panjang, beberapa kelebihan identitas untuk kucing dan anjing bisa memberi waktu semakin cepat menemukan mereka. Microchip pada hewan tidak sama seperti GPS yang terpasang pada kendaraan, seolah-olah bisa mengetahui keberadaannya saat hilang. Ketika hewan ditemukan, informasi kepemilikan seperti nomor telepon, alamat dan lain bisa dipakai untuk mengembalikan kucing dan anjing Anda yang hilang.

Oke Sobat Caleb, itu 5 alasan pemilik hewan perlu Microchip. sebagai pemilik hewan harus punya identitas agar anda bisa mengingatnya setiap saat. Sampai jumpa di artikel Caleb selanjutnya 🙂




0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *