3 Tips Memilih Shampoo Untuk Perawatan Hewan - Caleb Pet Groomer

Perawatan hewan dengan memilih shampoo anjing yang tepat

Halo Sobat Caleb, kali ini Caleb mau bagiin tips bagaimana cara memilih shampoo anjing yang tepat untuk perawatan hewan peliharaan kamu. Yuk intip tips nya berikut ini :

Tips 1: Pilih Shampoo yang Sesuai dengan Tujuan

perawatan-hewan-2
sumber: www.pexels.com

Saat memilih shampoo anjing, yang pertama Sobat Caleb harus tentukan adalah tujuan penggunaannya. Tujuan penggunaan dapat dijadikan pedoman untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan anjing kamu. Bagi anjing kamu yang tergolong normal, kamu masih bisa bebas memilih setiap produk shampoo yang diinginkan. Tetapi, jika anjing kamu berkebutuhan khusus, sesuaikanlah shampoonya dengan problem bulu atau kulit yang dialaminya. Sekarang, telah banyak shampoo anjing khusus yang beredar di pasaran yang ditujukan untuk menghilangkan kutu, anti bakteri, anti ketombe, anti jamur, bulu rontok, kulit sensitif dan sebagainya. Kandungan khusus disetiap produknya dapat membantu memulihkan kondisi anjing kamu lho.

Baca juga: 8 Tips Cara Memandikan Anjing Anda Sendiri

Tips 2: Pilih Shampoo yang Sesuai dengan Kondisi Kulit Anjing

perawatan-hewan-3
sumber: www.unsplash.com

Tips kedua untuk memilih shampoo anjing untuk perawatan hewan kamu adalah dengan memperhatikan kondisi kulit anjing kamu. Cara mudah untuk memilih produk yang cocok untuk anjingmu adalah dengan memperhatikan jenis kulit dan bulu sesaat setelah dimandikan. Bagi anjing berbulu sedikit/tipis, gunakan shampoo berformula halus. Bagi anjing kamu yang berbulu sedang, pastikan busa yang dihasilkan cukup banyak sehingga dapat membersihkan seluruh permukaan kulit yang berbulu itu. Untuk anjing berbulu lebat, mereka memiliki banyak lapisan untuk dirawat. Oleh karena itu, kamu bisa memilih produk yang mengandung conditioner agar bulu tetap lembut dan kelembaban kulit tetap terjaga. Pastikan juga produk yang kamu pilih bebas zat pewarna dan paraben untuk mencegah mereka mengalami alergi ya Sobat Caleb.

Untuk anjing yang mudah iritasi, pilih shampoo berbahan alami dan aman digunakan. Shampoo hypoallergenic umumnya terdiri dari bahan-bahan alami, serta dibuat tanpa kandungan bahan yang dapat memicu iritasi. Dibandingkan shampoo biasa, shampoo ini lebih lembut dan lebih ramah di kulit.

Untuk anjing berkulit sensitif, pilih shampoo medicated. Sesuai namanya, shampoo kesehatan ini memiliki kandungan obat yang cocok digunakan untuk anjing berkulit sensitif. Meskipun begitu, Sobat Caleb tetap harus memperhatikan kondisi anjing dengan cermat sebelum memilih shampoo jenis ini. Alasannya, shampoo ini belum tentu cocok untuk semua jenis anjing dengan kulit sensitif. Jika Sobat Caleb masih belum yakin dengan produk yang akan dibeli, pastikan untuk membaca review shampoo anjing yang kamu incar. Dengan demikian, Sobat Caleb bisa mencari tahu kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut.

Untuk mengatasi anjing kamu yang memiliki penyakit kulit, gunakan shampoo antibakteri yang direkomendasikan oleh dokter hewan. Shampoo antibakteri berfungsi menghilangkan bakteri dan menyembuhkan penyakit kulit. Cara kerja shampoo ini adalah dengan cara mensterilkan dan membunuh bakteri penyebab penyakit kulit. Meskipun demikian, shampoo ini harus digunakan secara berhati-hati ya Sobat Caleb, karena tingginya kandungan antibakteri dapat menyebabkan iritasi pada kulit anjing kamu. Pastikan Sobat Caleb memakai shampoo ini sesuai dengan anjuran di kemasannya. Kabar baiknya, shampoo ini sering digunakan di klinik atau salon hewan. Oleh sebab itu, kamupun dapat berkonsultasi dengan dokter hewan atau petugas salon hewan langganan yang lebih berpengalaman.

Tips 3: Jangan Menggunakan Shampoo Manusia

perawatan-hewan-4
sumber: www.gerava.com

Sobat Caleb, ini hal terakhir yang tidak kalah pentingnya dalam memilih shampoo untuk anjing kalian. Jangan sekali-kali menggunakan shampoo manusia untuk anjing Sobat Caleb. Hal pertama karena pH pada anjing berbeda dengan pH pada manusia. Umumnya, pH manusia adalah asam yaitu sekitar pH 4,6 – 6,0, sedangkan pH anjing umumnya adalah basa yaitu sekitar 6,5 – 7,5 bahkan bisa mencapai pH 9,1. Nah, sifat basa pada anjing ini membuat anjing rentan terhadap bakteri dan tidak tahan asam.

Alasan kedua mengapa kita tidak boleh menggunakan shampoo manusia pada anjing kita adalah karena lapisan kulit anjing yang tipis, yaitu hanya memiliki sekitar 3-5 lapisan pada kulitnya. Hal ini jauh berbeda dengan manusia yang memiliki 10-15 lapisan sel pada kulitnya. Lapisan kulit yang tipis pada anjing membuat kulit anjing menjadi lebih sensitif dibandingkan dengan kulit manusia.

Jika kita masih menggunakan shampoo manusia untuk anjing kita, maka lama kelamaan rambut anjing kita akan menjadi kering dan keras serta menghilangkan minyak alami dari kulit dan bulunya. Selain itu menggunakan shampoo manusia pada anjing membuat kulit anjing menjadi kering dan gatal.

Demikianlah tips yang Caleb bisa kasih untuk memilih shampoo yang tepat untuk perawatan hewan kalian. Semoga artikel ini berguna bagi Sobat Caleb semua ya. Jika Sobat Caleb membutuhkan jasa grooming untuk anjing atau kucing kalian, bisa menghubungi kami atau mengunjungi website kami di www.calebpetgroomer.com. Sampai jumpa di tips dan trik berikutnya!


2 Comments

Tips Perawatan Anjing Melalui Pemberian Makanan - Caleb Pet Groomer · 17/04/2020 at 5:45 PM

[…] Baca juga: 3 Tips Memilih Shampoo untuk Perawatan Hewan Anda […]

6 Barang Wajib untuk Anjing Peliharaan Barumu - Caleb Pet Groomer · 08/05/2020 at 11:02 PM

[…] Ini dia beberapa tips untuk memilih shampo untuk anjingmu. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *